Seputar Teknologi World

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Sunday, February 24, 2019

Pengertian, Fungsi, Komponen Sistem Komputer

Acceptencho – Sistem Komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi).

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. 


Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. 

Sistem berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau eleven yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Sistem adalah kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak, contoh umum misalnya seperti negara. Negara merupakan suatu kumpulan dari beberapa elemen kesatuan lain seperti provinsi yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu negara di mana yang berperan sebagai penggeraknya yaitu rakyat yang berada dinegara tersebut.


Fungsi Dari Sistem Komputer


Sistem komputer yang terdiri dari tiga komponen utama memiliki fungsi yang sangat berguna bagi keseharian kita sebagai penggunanya. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari sistem komputer, antara lain :
  • Menginput Data
    Fungsi dari sistem komputer yang pertama adalah menginput data yang ada ke dalam komputer. Sistem komputer berfungsi untuk menginput seluruh jenis data yang telah dimasukkan oleh pengguna melalui perangkat hardware seperti mouse, keyboard, microphone dan yang lainnya.
  • Memproses Data
    Fungsi sistem komputer yang berikutnya adalah memproses data. Data yang telah diinput oleh user masih dalam bentuk mentah. Oleh karena itu setelah diinput sistem akan melakukan sebuah process yang mana mentransfer data mentah tersebut menjadi sebuah informasi yang dapat dibaca oleh memori komputer. Proses data ini dilakukan pada Central Processing Unit yang juga berperan sebagai otak komputer.
  • Menghasilkan Data
    Fungsi yang berikutnya merupakan sebuah hasil dari input dan proses data. Sistem komputer berfungsi untuk menghasilkan sebuah output yang merupakan hasil dari data yang telah diproses. Hasil output tersebut dapat berupa informasi, gambar, suara ataupun video yang sejak awal memang berupa sebuah pengolahan data.
  • Menyimpan Data
    Fungsi dari sistem komputer yang terakhir adalah menyimpan data. Sistem komputer berfungsi untuk menyimpan data output yang merupakan hasil olahan dari process pada memori komputer. Jadi, data yang tadinya telah diinput dan diproses sehingga menjadi sebuah output data, bisa kita simpan di dalam memori komputer untuk nantinya bisa kita pergunakan.

Komponen – Komponen Sistem Komputer

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yang mana sudah kita ketahui bersama bahwa komponen sistem komputer terbagi atas tiga komponen utama, diantaranya adalah Hardware, Software, dan juga Brainware. Secara singkat, Hardware merupakan perangkat keras pada komputer, yang mana terdiri dari perangkat input, output, procces, dan storage.


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, berita, update seputar teknologi dari acceptechno.

No comments:

Post a Comment

Silahkan Tinggalkan Komentar anda disini :)

Post Top Ad

Your Ad Spot