Seputar Teknologi World

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Monday, February 25, 2019

Cara Menggunakan Aplikasi Qlue Untuk "Pembangunan Smart City"


Acceptechno - Qlue adalah aplikasi yang dapat digunakan warga untuk melaporkan peristiwa yang terjadi di Jakarta, seperti banjir, tindak kriminal, kebakaran, dan lain sebagainya. Melalui aplikasi ini, laporan atau keluhan warga akan direspon oleh pemerintah daerah untuk ditindaklanjuti. Qlue merupakan bagian dari program Jakarta Smart City (Kota Cerdas) yang diluncurkan pada 15 Desember 2015.

Penghargaan

  1. 2015 Google Playstore "Karya Anak Bangsa" #4 : Aplikasi Terbaik di Indonesia
  2. 2015 Google Playstore : Dinominasi sebagai Aplikasi Lokal Terbaik
  3. 2015 Free Magazine #2 : Aplikasi Lokal Terbaik
  4. 2016 Top #3 Over The Top (OTT) Nasional oleh ATSI dan Kemenkominfo
  5. 2016 Liputan 6 Awards nominasi Sosok Inspiratif di Bidang Teknologi
Seiring dengan perkembangan ekonomi di Indonesia, banyak warga desa yang ingin mencari pekerjaan di kota.
 
Urbanisasi ini menyebabkan masalah tersendiri untuk pemerintah kota, seperti sanitasi, sampah, hingga kemacetan. Masalah-masalah inilah yang Qlue ingin coba pecahkan, ungkap Pendiri dan CEO Qlue, Rama Raditya.
 
"Pada 2014, kami mencoba untuk mengajak warga untuk berpartisipasi dengan melaporkan terkait masalah di lingkungan, seperti jalan rusak, macet, dan sampah," kata pria yang akrab dengan panggilan Rama ini ketika dia menjadi pembicara dalam salah satu acara ulang tahun Metro TV. 

"Kami lalu membawa masalah ini ke pemerintah."
 
Rama menjelaskan, masyarakat bisa memberikan laporan melalui aplikasi Qlue, sementara pihak pemerintah juga memiliki aplikasi untuk menerima dan menindaklanjuti laporan yang diberikan masyarakat.
 
Pada awalnya, dia mengatakan, jumlah laporan yang Qlue terima tidak banyak. Masyarakat mulai tertarik untuk melapor setelah mereka melakukan gamifikasi.
 
Setiap pengguna Qlue melapor, mereka akan bisa mendapatkan poin yang bisa dikumpulkan dan ditukarkan dengan berbagai hadiah seperti voucher.
 
"Laporan warga penting agar pemerintah bisa tahu masalah yang ada," kata Rama. "Masukan untuk pemerintah bisa didapat selain laporan, juga dari sensor dan CCTV."
 
Dia menyebutkan, ke depan, pemerintah bisa memasang CCTV cerdas, kamera yang sudah dilengkapi dengan kecerdasan buatan sehingga kamera bisa mengetahui jika ada mobil yang diparkir di tempat terlarang.
 
"Sebuah kota punya ribuan CCTV, jika ditambahan AI, bisa diketahui parkir ilegal, deteksi ngetem, deteksi trafik," katanya.
 
Misalnya, ketika kamera mendeteksi ada mobil yang diparkir secara ilegal, hal ini akan langsung dilaporkan ke Dinas Perhubungan sehingga mereka bisa menangkapnya. Kamera juga akan dapat mencatat lisensi plat kendaraan.
 
Rama merasa, implementasi smart city penting karena ini akan memiliki dampak langsung pada masyarakat kota itu sendiri.
 
Qlue telah digunakan di 15 kota. Salah satunya Jakarta. Rama mengatakan, jumlah laporan terbanyak berasal dari Jakarta Timur dan Selatan dengan masalah sampah sebagai masalah yang paling sering dilaporkan.

Cara Menggunakan Aplikasi Qlue

Cara Melapor ke Qlue :

1. Pilih icon plus pada aplikasi Qlue yang letaknya dibawah tengah layar
2. Akan ada 3 pilihan. Pilih salah satu untuk siapa keluhan akan ditujukan, untuk pemerintah, swasta, atau hanya sekedar untuk berdiskusi.
  • Jika keluhan yang ingin kamu sampaikan itu tidak ada hubungannya dengan pihak perusahaan maka pilih lapor ke pemerintah saja.
  • Lapor ke swasta hanya digunakan jika kejadian atau keluhan yang ingin kamu sampaikan itu bersangkutan dengan sebuah perusahaan.
  • Pilih buat forum untuk mendiskusikan masalah yang mungkin perlu pendapat untuk menyelesaikannya.
3. Ambil foto sebagai bukti tentang keluhan yang ingin kamu sampaikan.
4. Pilih topik yang bersangkutan tentang keluhan yang ingin kamu laporkan.
5. Beri judul dan penjelasan yang lengkap tentang kejadian atau masalah dari keluhan yang ingin kamu laporkan.
6. Upload. Dan tunggu untuk ditindaklanjuti, jika keluhan kamu benar-benar berkualitas pasti akan segera ditindaklanjuti oleh pemerintah. Warna merah adalah masih menunggu, Warna kuning berarti sedang dalam proses dan Warna hijau tandanya telah selesai menangani keluhan yang kamu laporkan.
Disini identitasmu tetap aman karena kamu akan menggunakan avatar sebagai profil dari akun yang kamu gunakan. Untuk setiap keluhan yang berhasil kamu unggah akan diberi nilai 1 poin yang nantinya jika sudah terkumpul banyak bisa ditukar dengan hadiah.
Jika kamu terus aktif dalam menyampaikan keluhan maka level Qlue kamu juga akan bertambah dan kamu bisa mendapat skill baru dan avatar baru.
Kamu tinggal di Jakarta? Coba sekarang!




--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, berita, update seputar teknologi dari acceptechno.


1 comment:

Silahkan Tinggalkan Komentar anda disini :)

Post Top Ad

Your Ad Spot